Selasa, 20 Mei 2008

Indonesia....Bangkit!!!

Di  tengah-tengah panasnya pergolakan politik Indonesia,
Di tengah maraknya demo untuk menurunkan BBM,
Di tengah sengitnya persaingan menuju kursi presiden,
Di tengah krisis PeDe-nya Indonesia,
Tadi malam...ada pagelaran peringatan 100 tahun kebangkitan nasional.
Betapa megahnya pagelaran itu...
Tapi aku senang banget liatnya...
Ada rasa bangga, ada rasa haru, pokoknya lupa kalo bangsa kita lagi susah.






Jadi inget waktu negara kita suka bikin pesta kayak gitu, entah untuk PON, Sea Games, Kirab Remaja dan yang lain-lain. Rasanya senang bisa jadi bagiannya.
Dulu waktu di kirab remaja, aku pernah jadi group konfigurasinya.
Yang bikin bendera besar tadi malam itu lho... Yang ada peta Indonesia dan gambar burung garuda, juga gambar presiden dan ibu negara.

Gambar itu tersusun dari karton-karton warna polos ukuran manila yang diangkat sebatas mata. Setiap orang punya tugas mengangkat karton manila sesuai angka yang diaba-aba oleh seorang "dirigen" di depan. Setiap orang punya karton yang berbeda. Kalo aba-aba ditunjukkan, kita harus sigap mengangkat karton dengan nomor yang benar. Kalo salah angkata, gambarnya jadi bolong.

Di satu kesempatan yang lain, semasa aktif di PPS Betako Merpati Putih, aku pun dapat kesempatan untuk beratraksi melakukan gerakan gemulai pencak silat, mematahkan dragon (gagang pompa) di hadapan banyak orang, persis seperti yang dilakukan bapak-bapak TNI malam tadi. Wah, bangga rasanya. Tadi malam saat liat adegan itu, rasanya adrenalin terpompa lagi.

Aku benar-benar merasa bangga dengan Indonesiaku tadi malam. Aku benar-benar merasa Indonesia bersatu malam tadi. Dan aku optimis bahwa Indonesia masih bisa bangkit dari semua keterpurukan ini. Asalkan semua orang tulus bekerja membangun Indonesia Raya ini. Dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri.

Ayo bangkit Indonesiaku....!

Foto: taken by me, di Hotel Patra Bali, see my beautiful Indonesia...!

11 komentar:

eddy JP mengatakan...

Iya, kalo cuman bangkit terus nggak jalan jalan mana bisa beres Ika ?.he..he..he..

Linda Fitriwati mengatakan...

Pengen bangkit tp lapar hiks...hiks

chitra widyastuti mengatakan...

Hi salam kenal..
Aku juga terharu lihat pagelaran kemarin.
Kayanya udah lama banget nggak melihat hal seperti itu..
Semangat kebangsaan memang perlu terus dibangkitkan
Biar kita tidak jadi bangsa yang cuek :(

ika kharisma mengatakan...

nah itu dia, mbah... kita sendiri yang harus mulai untuk bangkit dan kemudian berjalan maju...
kalo gak start dari kita, siapa lagi...
one big step is start from one single step :)

ika kharisma mengatakan...

hehehe...kan bangsa kita biasa puasa...
setelah puasa, kita kan menyambut gembira kemenangan kita...
sebetulnya, kalo kita lapar, harus kita sendiri yang mencari kenyang kan ya, bu...
tidak menggantungkan diri pada pemerintah kita...
buat saya, semua hal harus berawal dari kita sendiri...
misalnya, kalo ada tetangga yang lapar, maka kewajiban kita lah untuk memberinya makan, karena kita lah orang yang paling dekat. kalo kita berlebih, maka kewajiban kita lah untuk membantu yang kekurangan.
sayang, cuma sedikit orang yang sadar hal ini. mudah-mudahan, berawal dari kita, akan jadi banyak orang yang sadar dan indonesia akan jadi sejahtera dan terbebas dari rasa lapar...

ika kharisma mengatakan...

salam kenal juga... :)
saya setuju banget... rasa nasionalisme kita sudah sangat meleleh... anak-anak sekarang pun sudah amat sangat jarang mendengar lagu-lagu daerah atau lagu-lagu nasional seperti Hari Merdeka atau Rayuan Pulau Kelapa.
Saya mencoba untuk mengenalkan lagu-lagu itu ke Sasha, alhamdulillah dia sudah hafal lagu Tanah Airku, Bendera Merah Putih, Hari Merdeka, dan Selendang Sutera. Ayahnya sampai bingung waktu ketemu kemarin. Tapi dia bangga anaknya bisa nyanyi lagu-lagu perjuangan seperti itu.
Semoga tambah banyak anak-anak yang bisa nyanyi lagu itu jadi gak perlu nunggu tiap kebangkitan nasional atau 17an buat dengerin lagu yang membakar semangat itu...

Maya Ekatrina mengatakan...

setuju.... aku yakin bangsa Indonesia akan bangkit.....semoga tetep bersatu sampai akhir jaman.....semoga pemimpinnya juga sadar....jangan kantong dewe yang di perhatiin tapi rakyatnya juga.....

ika kharisma mengatakan...

Amin... setuju mbak May... Semoga semua orang tidak memikirkan enaknya sendiri aja... Gak pake demo-demo gede-gedean, yang akhirnya menyusahkan rakyat kecil juga... kayak hari ini di deket patung sudirman ada supir taksi nabrak pengendara motor yang mau menghindari demo, supir taksinya udah tua, yang naik motor pun sepertinya luka parah, bayangin berapa supir bis atau taksi yang gak bisa narik gara-gara macet orang demo, berapa banyak orang yang menutup tokonya di sepanjang jalan yang dilaluin demo karena takut diserbu sama orang-orang yang demo gak karuan... lagi-lagi...rakyat yang menderita...

eddy JP mengatakan...

Daku sih udah jalan duluan ka..he..he..he..tapi jalan sendirian juga cape lho nungguin yang lain masih bobok :))

ika kharisma mengatakan...

bener, mbah... ntar kita bangunin orang-orang pake toa biar berisik, hehehe

Maya Ekatrina mengatakan...

susah ya... katanya demokrasi....yang ada anarkhi.... :(