Kamis, 16 Oktober 2008

PLN B****B !!!!

Gila banget tuh yang namanya PLN...!
Masa seminggu ini di rumah gue mati lampu sampe 3x!
Gak cuma mati lampu sejam dua jam, tapi sepangjang malam...!!!

Pertama mati lampu hari jumat lalu (tanggal 10 Oktober).
Lampu mati dari jam 20.00, baru nyala jam 08.00 hari Sabtu! Gila banget gak siyyyy....
Ikan koi di rumah gue aja sampe glagepan dan stres karena gak ada oksigen.
Apalagi orang-orangnya coba...
Gue gak tidur semaleman. Silat sama nyamuk dan ngipasin Sasha yang berleleran keringat.
Jam 00.30 malem, mas Riza telpon call center PLN, katanya ada kabel bawah tanah yang rusak dan dalam perbaikan.
Untung besoknya hari Sabtu, bisa agak siangan bangunnya...(lha wong baru bisa tidur pagi-pagi,je...)

Trus, hari Rabu malem, lampu mati lagi jam 20.00...
Gue tungguin...1 jam...kok gak nyala...
Gue mulai rajin telpon call center PLN yang 123 itu...
Nada sibuk...
GUe telpon lagi dengan sabar...sampe 5x mencet tombol yang sama...
Masih nada sibuk dan sekali number error...
Sekali lagi (udah jengkel)....aaah....akhirnya the answering machine yang menjawab...
Pencet-pencet tombol lagi.....dan disuruh nunggu.... katanya "Anda dalam antrian ke 1..."
Sampe pulsa gue abis, teteup kagak ada yang angkat...
Heeeeh....mendidih darah gue...
Setelah menenangkan diri sebentar, gue telpon lagi pake telpon yang lain...

Akhirnya ngomonglah gue sama petugas call center itu...
Katanya...yang rusak jaringan menengahnya...dan dalam perbaikan...keluhan Ibu kami catat...
"JAngan cuma dicatat aja dong, Mas. DIperbaiki yang bener. Kalo kita bayar telat aja langsung diputus. Yang bener dong kalo ngelayanin pelanggan!" kata gue...
"Iya, bu. Nanti disampaikan..."
Standard reply banget gak sih...
Dan lampu akhirnya nyala jam 01.30 dini hari

Sodara-sodara...
Ternyata call center itu emang tugasnya cuma nyatet keluhan aja,hehehehe
Dan itu belum tentu juga dicatat, apalagi disampaikan...
Karena malam tadi, lampu mati lagi mulai jam 17.00
Gue sampe rumah jam 17.30, rumah masih gelap gulita.
Sasha masih asyik mainan laptop sama neneknya...
Jadi gue gak terlalu berburuk sangka banget...
Paling karena masih asyik main, nenek jadi males nyalain lampu...

Terus, gue coba deh nyalain lampu...
Saklar udah gue pencet tapi gak ada reaksi...
Damn...
Bener deh lampu mati...
Jam 17.45, gue telpon PLN...kemudian...(silakan baca ulang paragraf 3 karena kejadiannya mirip, kalo perlu baca sampe 10x karena baru ketemu petugas call center jam 22.30)
 
Berikut percakapan gue dengan petugas call center...
Petugas Call Center (PCC): Selamat malam bu, ada yang biasa saya bantu...?
Gue (G) : Malam Mas, mau tanya...sekarang PLN kerjasama sama telkom ya?
PCC: Gimana bu...
G: Iya, apa PLN sekarang kerjasama dengan telkom? Saya telpon sampe pulsa saya abis banyak nih....antrinya lama ya...
PCC: Oh...mungkin karena banyak laporan yang masuk sehingga Ibu harus menunggu antri lama, Bu...
G: Oh gitu...berarti emang udah banyak laporan mati lampu ya, Mas. Udah banyak yang dari Batu AMpar?
PCC: Sudah banyak bu...tadi kita banyak terima laporan
G: Emang pantes banyak ya, Mas, soalnya kita dalam seminggu udah mati lampu 3x. Tolong dicatat waktu-waktunya, hari jumat tanggal 10 dari jam 8 malem sampe jam 8 pagi, hari rabu dari jam 8 malem nyala jam setengah 2 pagi, hari ini udah mati lagi dari jam 5 sore, sampe jam segini belum nyala. Kemarin saya lapor, katanya mau diperbaiki, PLN udah memperbaiki belum? Rusak apanya lagi?
PCC: Begitu, Bu, ya... Kami catat. Kami terima informasi gangguan disebabkan karena gardu di BLK Condet dan Batu AMpar mengalami trip. Saat ini sedang diperbaiki, Bu.
G: Trip kenapa? Overload? Jangan cuma bisa memperbaiki, tapi dijaga juga dong peralatannya biar gak mati-mati melulu. Janji doang memperbaiki, tapi hari ini kok mati lagi.
PCC: Iya, Bu. Nanti disampaikan.
G: Mas, ibarat pabrik nih, 2 malem berturut-turut mati lampu, saya udah rugi milyaran. Jadi yang bener dong PLN kalo kerja.
PCC: Iya, Bu, nanti kami bantu menyampaikan keluhan Ibu...
(Sadar udah ngabisin pulsa lagi...)
G: Ya udah, Mas... Tolong bilangin betulinnya cepetan.
PCC: Baik, Bu, kami sampaikan. Terima kasih.
(Nutup telpon...masih esmosi)...

Adek gue yang di kamar mandi dengerin gue telpon mungkin ngetawain gue...
Bodo' deh...
Yang penting nemu katarsis...
Sebagian esmosi sudah tersalurkan...

Bukannya gue menghujat PLN, secara gue digedein pake duit gaji dari PLN
Saat ini pun bokap masih aktif kerja di salah satu pembangkit listrik di Jakarta...
Tapi, tolong deh, hari giniiii....
Listrik itu kan bagian dari kehidupan...jadi jangan seenaknya mutusin aliran listrik
Yang jadi pelanggan listrik, tolong juga dong, jangan nyuri listrik
Kan bahaya, bisa overload, alatnya rusak
Kalo alat rusak, belinya mahal PLNnya, dan belum tentu juga tersedia
Yuk...mulai sadar bersama-sama...
Bahwa listrik itu untuk bersama...


16 komentar:

Linda Fitriwati mengatakan...

Ketergantungan kita sama listrik emang tinggi banget....mati lampu emang bikin emosi apalagi kalo malem dan musim kemarau lagi gak bisa nyalain AC. Moga2 listrik di daerah Ika cepet sembuh....

Margono M. Amir mengatakan...

Mungkin juga. Tapi yang jelas sama pabrik lilin.
Mangkanya namanya P(abrik) L(ilin) N(egara).

Dewi Joris mengatakan...

Waahhh mama Sasha lagi mendidih! hehehehe.....FYI mbak ku sayang, di Taman Kenari Nusantara juga langganan mati lampu. Klo seminggu sekali lum mati lampu bukan PLN Bojong Kulur namanya. Selama ini aku komplen langsung ke PLN Bojong Kulur mpe jontor mulutnya. Tetep aja tuh dari sejak aku pindah kesono 2 tahun lalu nggak ada perbaikan. Kata suami : "Mo jadi apa negara ini??!!!"

ika kharisma mengatakan...

yang bikin emosi lagi nyamuknya itu lho, ibu...
bener-bener diajak pencak silat sama nyamuk...
kasian sasha harus dikasih lotion anti nyamuk

ika kharisma mengatakan...

hehehe...iya juga ya, Eyang...
jadi inget harus mampir toko buat beli lilin
jaga-jaga buat ntar malem
mungkin juga harus beli pulsa ya... :D

ika kharisma mengatakan...

waduh, thanks for the info, mbak...
padahal baru mau tanya-tanya rumah di sana ada yang mau dijual nggak
kayaknya ayahnya sha mau pindah ke jakarta...
ya mungkin karena mulai banyak rumah yang dibangun tapi PLN gak mampu bikin instalasi penyalur lagi, mbak
jadinya emosi terus
aku diajarin cara komplen yang lebih "baik dan benar" mbak...
biar puaaaaas, hehehehe

eddy JP mengatakan...

hi..hi..hi..yang lagi sewot :)), alo komplen jangan lupa minta no komplennya lho..he..he..he..

ika kharisma mengatakan...

emang ketara ya kalo gue lagi sewot....
segitu jelasnya ya, hueheehehehehehe
no komplen apaan tuh, mbah?

Jocelyn Christella mengatakan...

Emang PLN suka begitu tuh mbak.. waktu itu dirumahku juga gitu, dalam seminggu 2 - 3x mati lampu, mana lama lagi. :(
Tarif naik terus tapi service malah turun terus..

Kristin Halim mengatakan...

ngomongin PLN emang bisa bikin esmosi jiwa yah Mbak! Sama deh kayak aku kalo uda mati lampu gitu... bingung mau marah-marah kemana telp aja ke call center-nya.... walaupun cuma dibilang akan ditindaklanjuti tapi puas amarah tersalurkan hahahahaha

ika kharisma mengatakan...

embeeeeer....
kapan bisa maju negara ini ya...????

ika kharisma mengatakan...

yang terpenting emang menyalurkan emosi jiwanya itu, mbak, hehehehe...

Maya Ekatrina mengatakan...

hihihi... jadi inget, kemarin pas lagi penuh dengan sabun dan belum di bilas.....mati lampu lah rumahku..... jadi aku kudu teriak2, gak bisa buka mata juga, perih kena sabun, gak bisa keluar kamar mandi pula, gak pake baju..... gimana sih listrik, kok matinya pas orang lagi sabunan..... tapi sekarang bisa ketawa... kemarin mendidih juga tuh..... hihihihi....

ika kharisma mengatakan...

hueheehehehehehehe...
keluar kan gak papa...
gak keliatan kalo gak pake baju,hehehehe

Teh Icho mengatakan...

ya amppun... ini di desa mana kejadiannya ?? hihihi..

ika kharisma mengatakan...

hueheheheheheheeheh.... desa jakarta bagian timur...