Rabu, 05 Maret 2008

Kerja Bakti....

Pagi ini aku lewat di atas jembatan penyebrangan menuju kantor.
Waktu naik sih gak terlalu berkesan banget.
Tapi pas turun...aduh...yang namanya sampah bertebaran dimana-mana.
Bikin ilang mood aja.
Tangga turun itu kotor banget, mungkin karena hal-hal di bawah ini:
  1. Jembatan itu dijadiin tempat kumpulnya satpol PP yang lagi ngejagain tanah kosong di deket lokasi jembatan, so saat mereka makan cemilan, kulit kacang kedele atau bungkus gorengan langsung dibuang begitu aja, secara orang-orang Indonesia itu terbiasa menjadikan jalanan umum sebagai tempat sampah.
  2. Tukang bersihin jembatannya absen (resminya sih profesinya pengemis, tapi dia minta sedekahnya abis nyapuin jembatan itu)

Pas turun jembatan, tiba-tiba aja aku inget sama masa SD dahulu kala.
Kami senang sekali bersih-bersihin kelas supaya enak buat belajar.

Jaman dulu kan kelasnya gak pake keramik tapi pake tegel yang kalo sering dipel pasti jadi kinclong. Kita paling seneng kalo ngepel kelas bareng-bareng karena tegel jadi berkilau dan bersih so kita bisa lepas sepatu di kelas, bahkan bisa duduk di bawah, hehehehe

Suatu ketika di kelas 4, wali kelas kita ulang tahun. Karena kita gak punya duit, akhirnya kita sepakatan untuk kasih hadiah ke Pak Guru pake tenaga kita...yaitu bersih-bersih dan ngepel kelas.
waktu itu kita masuk siang dan Pak Guru masuk di jam pertama. Jam 11 kita udah sampe sekolah. Langsung nyapu sampe berseih. Yang cowok-cowok ngangkatin bangku ke atas kursi biar kita gampang ngepel dii bawah meja. Dengan cepat kita kerja bakti, ngepel sekalian menghias kelas pake balon-balon dan menulis kata-kata ucapan di papan tulis pake kapur berwarna.

Pas bel mau bunyi, kita semua udah kelar ngebersihin kelas. Kelas wangi dan cerah. Tulisan ulang tahun pun udah cantik dan warna-warni. Satu orang bertugas memberi tanda kalo Pak Guru datang.

Ketika Pak Guru masuk ke kelas kita semua duduk rapi dengan tangan terlipat kemudian menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun. Pak Guru tercengang. Yang paling gak aku lupain adalah mata beliau yang berkaca-kaca melihat kami dan kelas yang bersih. Melihat mata Pak Guru yang berkaca-kaca itu, banyak dari kami jadi ikut terharu. Yang jelas, kami bangga bisa bikin Pak Guru jadi senang.

Memang benar bersih itu indah. Apalagi kalo bersih itu timbul dari keinginan yang terdalam. Kayaknya gak susah kok buang sampah di tempatnya. Cuma kadang tempat sampahnya yang susah dicari, hehehehe...

Semoga kita jadi sering bersih-bersih deh, hehehehe ;)

1 komentar:

ella prasetyo mengatakan...

tempat sampah disini nih ya ...1. Kali, 2. selokan, 3.jalanan, 4. pot2 kembang pinggir jalan...