Kamis, 30 Agustus 2007

Finish....!!!!!!!!!!!!!

Tanggal 28 Agustus 2007, jam 15.00, akhirnya seorang ika dapet tambahan gelar MKn (bukan makan walaupun gue doyan makan... ) tapi Magister Kenotariatan.

Setelah kurang lebih 45 menit mempertahankan tesis dan diserang oleh seorang dosen yang gue gak tau dia sebenernya paham apa enggak tesis gue, akhirnya gue berhasil ngelewatin semua itu.

Tapi jujur, di ruang sidang, gue tiba-tiba ngerasa, kalo sebenarya sistem pendidikan kita salah banget.

Kenapa sih harus ada pertanyaan yang nadanya menyerang? Apa harus seorang dosen menjadi superior bagi mahasiswanya? Tidak bisakah beranya dengan nada yang memang menanyakan ketidakmengertian atau menyampaikan kritik dan masukan tanpa arogansi yang teramat besar?

Bukankah suatu tesis memang harus diuji kelayakannya dengan menanyakan sejauh mana si penulis mengerti dan paham apa yang ditulisnya? Bukan untuk dicari kesalahannya?

Mestinya, dunia pendidikan kita harus diperbaiki dan diubah paradigmanya. Sudah bukan jamannya lagi guru harus selamanya benar. Seharusnya, guru dan murid sama-sama terus belajar agar selalu berkembang, Jadi Indonesia tercinta ini tidak melulu berada di belakang.

Semoga kita semua belajar

 

2 komentar:

Sri Hartati mengatakan...

btv bravo for U...
akhirnya selesai juga kuliahnya..

ika kharisma mengatakan...

thanks ya, tie...
semoga ini bisa membuka peluang yang lebih besar lagi...
baek2 di negeri orang ya, bu...
miss you...