Selasa, 13 November 2007

Kemacetan Jakarta

Pagi ini, jam 06.35 aku udah sampe kantor. Berangkat dari rumah jam 05.55. Pagi banget ya... Tapi mendingan pagi daripada telat 10 menit, di jalan kena macet dan sampe kantor jadi 30 menit lebih lama.

Begitu melek, Sha sudah minta nenen. Tapi setelah dibujuk Akung bawa oleh-oleh roti Boy dari Surabaya, dia langsung turun dari tempat tidur dan nagih oleh-oleh ke Akung. Gak lama, Akung sudah sibuk nyuapin Sha dan nemenin Sha minum susu juga.

Begitu siap, ritual pagi yang sekarang dilakukan adalah cipika-cipiki + cidung (cium hidung) Sha, saliman, Sha lari ke teras nunggu Bunda lewat dan dag-dag... Dan aku memulai perjalanan dengan nunggu 07 lewat. Tapi berhubung jalanan depan gang di-cor dan 07 lewat jalan lain, aku pun naik ojek dari depan gang.

Waktu nunggu 46 lewat di Cawang, aku liat jalanan udah rame banget. Terdengar suara nguing-nguing dari motor patwal yang kayaknya tiap hari juga lewat di depan kantor. Jalanan yang tadinya lancar, tiba-tiba jadi tersendat karena motor patwal beserta rombongan maksa minta jalan. Jengkel gak sih... Aku jadi mikir, jangan-jangan bunyi nguing-nguing yang tiap hari lewat kantor emang patwal yang ngawal entah menteri entah anggota DPR, secara kantor emang ada di jalan menuju gedung peerwakilan rakyat.

Aku cuma bisa mbatin... gimana Jakarta bisa lancar kalo yang mestinya ngurusin jalanan Jakarta gak pernah ngerasain macet. Orang yang selalu kena macet seenggak-enggaknya tau macet itu gara-garanya apa. Jadi pasti punya ide mestinya gimana biar gak macet. Lha ini...gak pernah ngerasain macet...gaimana tau cara mecahin masalah macet...???

Seandainya aja orang Indonesia mau tertib nunggu bis atau angkot di halte, pasti gak ada lagi angkot/bis yang ngetem di tempat keramaian jadi jalanan yang rame itu lebih bisa lancar. Seandainya aja semua orang Indonesia paham kalo antri yang benar itu justru bisa mempercepat jalannya antrian itu, pasti orang lebih milih antri dari daripada main serobot. Seandainya pengendara motor tau gunanya garis putih sebelum traffic light dan mau berhenti di belakang garis itu, pasti jalanan bisa lebih lancar karena kendaraan dari arah yang berlawanan bisa lewat dengan leluasa tanpa harus nyenggol motor.

Tapi semuanya masih andai-andai.... Hiduplah Indonesia Raya lah pokoknya...

Foto diambil dari behindthedrapes.multiply.com

8 komentar:

Uci MomKavin+Ija mengatakan...

waaa kerja di Jkt yaa sekarang..
kerja di mana nih?

wiwied hozaimi mengatakan...

hihihi...semua orang di Indonesia emang berandai andai terus mbak. Andai lumpur lapindo kelar...andai banjir kapok datang, andai macet nya hilang, andai korupsi ....andai...andai...andai

hesti wulandari mengatakan...

kita selalu bisa ngeliat kalo kita di bwh, ky, ntar kalo kita diatas seringkali kita lupa, apa yg dirasakan orang bawah.

Maya Ekatrina mengatakan...

jakarta macet??? lagu lama deh.... mg lalu aku pikir aku ketemu jalur "pinter" dari kuningan masuk buncit bablas citos nembus lebak bulus.... 45 menit ampe rumah!!!.....kemarin, ada sepak bola di lebak bulus....dari kuningan jam 6 kurang, sampe rumah mah teteup... jam 8 juga.... huaaaaaaaaaa.....kaki kiri udah pegel nih nginjek kopling.......huhuhuhu.....

Teh Icho mengatakan...

kalo pindahan dari semarang pasti stress deh
kan hasil polling bbrp waktu warga semarang adalah warga yg paling bahagia
krn jarang kena macet spt Jakarta

ika kharisma mengatakan...

hueheheheehe... lha aku orang jakarta yang pindah ke semarang dan mesti pindah ke jakarta lagi, bu... tapi teuteup, rasanya emang sesak napas kalo kena macet gitu... apalagi waktu awal-awal balik ke jakarta setelah 5 tahun hidup di semarang. sekarang setelah balik ke semarang lagi dan balik lagi ke jakarta, rasanya jadi biasa juga, hehehe. Tapi aku di semarang juga kena macet bu, soalnya rumah di pinggiran semarang. rabutan jalan sama sepeda dan delman... belum kena bubaran pabrik. susye bener...

ika kharisma mengatakan...

hai mbak uci, ika balik jakarta lagi... sekarang di gatot subroto, kerja sama di perusahaan pertamina... pulang kampung nih ceritanya, tapi ayahnya Sha masih di Semarang. Aku juga masih bolak-balik Semarang - Jakarta

dian agusdiana mengatakan...

heuheuehue... kapan traktir nya ......:P